Monday, July 3, 2006

RoboCup : Apa Itu ?

RoboCup.... Apa itu ?

RoboCup adalah satu turnamen robot yang diadakan sekitar tahun 1997, sebagai satu langkah peneliti di bidang kecerdasan buatan dan robotika untuk lebih mengembangkan kreativitas para hobbyist maupun peneliti di bidang kecerdasan buatan dan robotika. Bagi peneliti di bidang kecerdasan buatan, yang waktu itu didanai oleh IBM, tahun 1997 merupakan satu titik balik, di mana pada tahun tersebut riset unggulan mereka, yaitu software catur yang paling cerdas, Deep Blue, berhasil mengalahkan Garry Kasparov, sang juara dunia versi FIDE ( Federation Internationale des Echecs - Organisasi Catur Internasional ) -- lihat [1].
Setelah kemenangan Deep Blue atas Garry Kasparov, maka peneliti kecerdasan buatan ( atau lebih dikenal dengan Artificial Intelligence ) mulai merintis jalan ke implementasi kecerdasan buatan yang lebih keren, yaitu tim robot yang dapat bermain sepakbola. Sebenarnya, idenya sudah ada sejak tahun 1992 oleh Prof. Alan Mackworth ( http://www.cs.ubc.ca/spider/mack/ )dari University of British Columbia, Canada.
Akhirnya, pada tahun 1997, International Joint Conference on Artificial Intelligence ( IJCAI ) mengadakan World Cup Soccer Games yang pertama, dengan hanya memperlombakan 1 kategori saja, yaitu Large Robot. Pada saat itu, pesertanya 40 tim. Cukup menakjubkan untuk event pertama.
Saat ini, RoboCup diadakan setiap tahun, dan jika ada event-event penting seperti World Cup atau European Cup, lomba ini diadakan pada waktu dan tempat yang sama dengan event-event tersebut.
RoboCup 2006 diadakan di Jerman, tepatnya di Bremen pada tanggal 14-20 Juni 2006, dengan mempertandingkan banyak kategori, antara lain [2] :
a. Simulation
b. Small Size
c. Middle Size
d. 4-legged
e. Humanoid
Bahkan bukan hanya untuk bermain sepakbola saja. ROboCup sekarang juga memperlombakan Robot-robot Rescue dan RoboCup Junior.
Selanjutnya bagaimana ceritanya ? Tetap stay tune di blog ini :)
Referensi :
[1] A Brief History of RoboCup. http://www.robocup.org/overview/23.html
[2] RoboCup Official Site. http://www.robocup.org

No comments:

Post a Comment